Kamis, 08 Desember 2011

Resensi Ratu Jeruk Nipis dan Cerita Lain yang Asam-Manis


Novel
Ratu Jeruk Nipis dan Cerita Lain yang Asam-Manis




Judul               : Ratu Jeruk Nipis dan Cerita Lain yang Asam-Manis
Penulis           : Primadonna Angela
Penerbit         : PT Gramedia Pustaka Utama, 2008
Tebal             : 164 halaman
ISBN             : 9789792240047


Primadonna Angela adalah seorang perempuan, istri dan ibu yang lahir di Rumbai namun sekarang berdomisili di Bandung kini tinggal bersama partnernya yang juga penulis. Lulusan Sastra Inggris UNPAD ini pernah bekerja sebagai penerjemah dan juga penulis lepas, editor, copywriter, guru, sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi fulltime mother dan freelance writer dalam waktu bersamaan.  Donna/Angela, senang berburu buku, pakaian, dan mainan untuk buah hatinya. Ia sangat peduli pada keadaan keluarganya. Bagai seorang penulis, kemana-mana ia selalu membawa buku catatan kecil untuk mencatat ide-ide yang berseliweran sebelum ditangkap orang lain. Bagai seorang penyihir ia hobi menggeluti kartu tarot, memelototi grimore dan juga buku-buku mengenai sihir, palmystri, graphology, dan sebagainya. Impiannya sekarang adalah memiliki yukata yang indah atau malah tomesode dan haumongi menawan yang dapat ia kenakan ke berbagai acara.
            Sebagai penulis teenLit dan MetroPop, karya-karya Primadonna Angela berciri khas mengusung kehidupan sehari-hari dalam cerita yang menyentuh dan menggelitik. Quarter Life Fear adalah buku pertamanya yang kemudian dilanjutkan dengan karya-karya yang lain seperti Belangious, Love at First, Jangan Berkedip!(ditulis bersama Isman H. Suryaman), Quarter Life Dilemma, Big Brother Complex, Resep Cinta, Resep Cherry, Kintaholic, DJ & JD (ditulis bersama Syafrina Siregar), Query Pita, Dunia Aradia dan Ratu Preman (ditulis bersama Alexandra Xu).  Ratu Jeruk Nipis adalah buku kedua belas dan kumcernya yang pertama.
            Ratu Jeruk Nipis sangat bertolak belakang dengan Kisah Secangkir Teh karya Softi Trisna. Kisah Secangkir Teh berisi kumpulan cerita pendek yang sangat serius sehingga membuat pembaca lebih tegang dalam mengikuti alur cerita, berbeda dengan Ratu Jeruk Nipis yang menyuguhkan cerita-cerita pendek yang humoris dan jenaka, membuat pembacanya dapat tertawa terbahak-bahak dan lebih menikmati cerita. Dalam segi bahasa pun berbeda, Kisah Secangkir Teh bahasanya lebih dewasa sedangkan Ratu Jeruk Nipis lebih remaja dan anak-anak.
            Dalam kumpulan ceritanya yang pertama ini Primadona Angela mengusung tema cinta dan persahabatan. Pembaca kumpulan cerita pendek Ratu Jeruk Nipis pasti tidak akan semudah menguap untuk melupakan alur cerita yang terkandung di dalamnya, karena Ratu Jeruk Nipis menimbulkan kesan terdalam bagi para pembacanya. Seperti kutipan berikut.
            Primadonna Angela mengorganisasi cerita-ceritanya sangat baik, dari cerita yang bahagia hingga yang sedih dan membuat hati lara, sehingga pembaca bisa merasakan beraneka nuansa haru, rindu, kesal yang terasa asam sampai manisnya cinta, perhatian, dan persahabatan .
Buku Ratu Jeruk Nipis ini berisi sebelas cerita, diantaranya ada REVENGE IS BEST SERVED HOT, SURAT TERAKHIR, SOSOK VINI, THE UNBEATABLES, CINCIN PERAK, METAMORFOSIS CLARA, HANTU DI KAMAR MANDI, RATU JERUK NIPIS, LOMBA MASAK, RAMALAN RENATA, dan ANAK BARU.
Revenge is Best Served Hot bercerita tentang Vella yang sangat terobsesi dengan  jam dan waktu, hingga Gavin, sang pacar mulai tidak betah dengan sifat Vella dan akhirnya memutuskan hubungan mereka.
Surat Terakhir bercerita tentang Rhea yang masih dibayang-bayangi almarhum kekasihnya, Tito, tanpa sadar ada seseorang yang mencintainya, yaitu Erwin. Sosok Vini bercerita tentang Heru yang masih saja mengejar sosok Vini, cinta pertamanya yang telah tiada. The Unbeatables bercerita tentang gadis bernama Azalea Katrina, yang memiliki teman teman yang baik namun dia masih trauma dengan cinta masa lalunya, sampai seseorang mulai datang di hidupnya dan menawarkan cinta kepadanya.
Cincin Perak bercerita tentang Kevin, yang diberi cincin perak oleh seorang pak tua yang mengatakan dengan cincin itu Kevin akan menemukan cinta sejatinya dan membuat Kevin memutuskan Saisha, pacarnya. Karena cincin itu tidak muat di jari Saisha. Metamorfosis Clara, bercerita tentang Clara, gadis pintar namun buruk rupa, yang berusaha membenahi penampila setelah berkali-kali diejek Lily, sepupunya, dan diperalat Rico, pacar Lily.
Hantu di Kamar Mandi, bercerita tentang Fika yang takut pipis malam-malam hanya karena teringat cerita temannya tentang hantu di kamar mandi saat jam 2 sampai 3 pagi. Cerita ini membuat bulu kuduk kita sampai berdiri.
Ratu Jeruk Nipis, bercerita tentang Ray yang merasa Shari, pacarnya, nyaris sempurna. Cantik, baik, senang berbagi pada sesama. Hanya satu kekurangannya: maniak jeruk nipis! Mulai dari sampo, lotion, penganan, minuman, harus ada unsur jeruk nipisnya. Ray terkadang bosan dan enek kalau Shari lagi-lagi menyinggung buah kesayangannya itu.
Lomba Masak, bercerita tentang tokoh Aku yang ikut lomba masak dengan bahan bahan kualitas internasional, bersaing dengan Ryan yang hanya menggunakan bahan bahan dari pasar tradisional.
            Ramalan Renata, bercerita tentang Zoe, yang bertemu dengan Renata, gadis misterius pemilik toko, yang sering dimintanya untuk meramal hubungannya dengan pacarnya.
            Anak Baru , bercerita tentang Darren dan Wandi, sama sama mengincar 'anak baru' yang bernama Anindya, tanpa tau bahwa Anindya bukanlah anak baru biasa.
Diwarnai nuansa haru, rindu, kesal yang terasa asam, sampai manisnya cinta, perhatian, dan persahabatan, sebelas cerita ini akan membuat kita merenung, gemas, tersenyum sekaligus tertawa.
Bahasa kumpulan cerita ini sangatlah komunikatif dan imajinatif, sehingga cocok dibaca oleh remaja , ceritanya berisi kehidupan sehari-hari  yang menyentuh dan menggelitik membuat pembaca tidak  bosan untuk membacanya. Selain itu terdapat kata-kata yang tidak umum sehingga sulit untuk dipahami, sehingga pembaca bertanya-tanya sebenarnya apa maksud penulis.
            Kumpulan cerpen merupakan gabungan dari berbagai cerita pendek yang disajikan untuk menghibur pembacanya. Kumpulan cerita Ratu Jeruk Nipis ini layak untuk dibaca karena kumpulan cerita ini sangat menghibur pembacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar