Kamis, 08 Desember 2011

TEKNOLOGI




KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA ( K3 )
DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI


   Komputer selain menguntungkan bagi manusia juga ada dampaknya bagi kesehatan. Untuk itu seorang user sebuah computer harus tahu tentang prosedur – prosedur penggunaan computer. Prosedur – prosedur tersebut antara lain dalam hal posisi dan penggunaan.

1.     Menggunakan Komputer dengan Posisi yang Tepat.
         Hal yang perlu anda perhatikan adalah kesehatan mata, jari tangan, punggung dan pinggang. Radiasi monitor computer harus anda waspadai karena dapat menyebabkan mata perih dapat juga berakibat anda menderita rabun jauh ( miopi ) yaitu jelas ketika melihat pada jarak dekat, tetapi buram ketika melihat pada jarak jauh. Lindungi mata anda ketika bekerja dengan computer, misalnya dengan memberikan pelindung plastic kaca pada monitor anda atau dengan memakai kacamata. Gunakan meja yang dirancang khusus untuk computer, yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi anda pengguna computer. Meja tersebut juga dapat disesuaikan dengan sudut pandang anda ke monitor. Anda dapat menyetel posisi monitor dengan sudut 450 atau 600. jika anda menggunakan monitor LCD ( Liquid Crystal Display ) sebaiknya dengan posisi 900 terhadap alas tempat monitor anda. Gunakan juga program screen saver untuk kenyamanan anda. Gunakan keyboard dan mouse yang empuk dan nyaman untuk menghindari nyeri pada jari anda. Hindari keluhan pada punggung ketika anda terlalu lama didepan computer karena tunuttan pekerjaan atau keasyikan bermain game. Kalau  memang sudah waktunya istirahat, gunakan waktu istirahat anda dengan sebaik – baiknya. Lakukan olahraga kecil sehingga dapat melemaskan  saraf pada punggung dan mata anda. Pinggang juga harus menjadi perhatian kita. Sakit pinggang dapat menggangu aktivitas organ tubuh lainnya seperti buang air kecil atau buang air besar. Terkadang kurang gerak dan hanya sedikit minum air putih ditambah anda berjam – jam berada di depan computer. Maka anda akan semakin mudah terserang penyakit gangguan ginjal. Semu aktivitas kerja harus diatur sesuai dengan prosedur.
2.      Menggunakan Komputer dengan Prosedur yang Benar.
         Saat anda memulai dengan computer  pertama kali anda harus memperhatikan hubungan kabel ke PLN. Pastikan semua kabel terhubung dengan konektor kurangi kesemrawutan jaringan kabel dengan merapikannya. System computer biasanya dimulai dengan menyalakan catu daya ( power supply ) atau menekan tombol On. Langkah ini disebut Booting, karana setiap computer dilengkapi dengan instruksi siap pakai untuk melaksanakan fungsi dasarnya : memulai, memeriksa dan berkomunikasi dengan diskdrive, keyboard dan monitor. Sejumlah instruksi ini disebut BIOSBIOS akan menampilkan pesan kesalahan jika menemukan masalah. Kemudian BIOS me-load system yang anda gunakan. Setelah selesai bekerja anda harus mematikan system computer dengan benar dan sesuai dengan prosedur.
Hal penting yang perlu anda perhatikan adalah ruang kerja atau laboratorium computer harus bebas debu dan usahakan menggunakan alat pendingin ruangan ( AC ). Partikel debu yang masuk kedalam computer akan menempel pada chip processor. Makin tebal partikel debu makin banyak efek panas tambahan yang akan diderita processor. Akibatnya processor akan mudah terbakar. Tapi sekarang setiap pembelian computer sudah disertai Fan ( kipas ). Gunakan UPS ( UninterrutiblePower Supply ) sebagai hardware tambahan untuk menghindari kerugian kehilangan data. Dengan adanya UPS resiko kehilangan data tidak akan terjadi karena ketika listrik PLN terputus maka energi listrik pindah ke UPS dan computer tetap menyala dengan baterai yang ada pada UPS. Prinsip kerja UPS mirip dengan lampu emergency. Saat diberi energi listrik lampu tidak nyala, tetaph ketika listrik padam lampu (UPS) menyala sekitar 5 – 8 jam.
Usahakan tidak terlalu sering menghidup matikan computer, karena setiap kali anda menyalakan computer menyebabkan aus dan rusaknya chip, motor harddisk dan komponen elektronik yang ada dimonitor. Menyalakan dan mematikan computer beberapa kali sehari akan memperbanyak stress pada komponen computer dibandingkan dengan menghidupkan computer sehari penuh. Ingat computer akan menarik listrik banyak ketika pertama kali dinyalakan dari pada sedang aktif. Bagaimana ketika menginstal program atau hardware baru ? memang anda harus mematikan dan menyalakan computer beberapa kali tapi lakukan dengan perlahan atau jangan tergesa – gesa.beri waktu istirahat 15 sampai 30 detik sebelum dinyalakan lagi. Hindari menyalakan dan mematikan computer dengan cepat dan tergesa – gesa akan memberikan tekanan berat pada system mekanis hardrive. Piringan harddisk yang semula stabil mungkin bergerak dengan kecepatan 5400 rpm dan head perpindah posisi ketika membaca data selama proses boot. Akhirnya terjadi fatal error yang merugikan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar