Kamis, 22 Desember 2011

Membangun Tim


Membangun sebuah tim merupakan hal yang sulit dilakukan. Karena kita tahu bahwa setiap tim mempunyai anggota yang berbeda – beda. Jadi untuk membangun sebuah tim yang memiliki sebuah visi atau pandangan yang sama itu merupakan hal yang sangat sullit dilakukan. Salah satu cara atau permainan yang dapat membangun sebuah tim yang memilikki visi yang sama yaitu permainan YEL-YEL. Pemainan ini saya dapat dari mata kuliah KI yang saya ikuti di jurusan Sistem Informasi Institute Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Yel – Yel yaitu permianan  yang  Menyanyikan lagu cipta’an sendiri dari masing - masing kelompok secara bergantian. Permainan ini sangat seru sekali. Selain seru, saya juga dapat pembelajaran. Pembelajaran tersebut antara lain:


 Setiap pekerjaan tidak akan cepat selesai jika pekerjaan tersebut di selesaikan oleh satu orang. Pernyataan tersebut terbukti saat saya mengikuti permainan ini. Kalau misalnya tugas membuat yel – yel ini diberikan kepada saya dengan waktu yang sangat singkat. Sungguh, saya tidak sanggup dalam menyelesaikan itu. Namun jika saya bersama anggota kelompok saya mengerjakan ini  15 menit pun bisa terselesaikan.




Setelah saya mengikuti permainan ini saya sadar bahawa kekompakan Tim itu merupakan hal yang sangat penting. Sebuah tim walaupun anggotanya merupakan orang – orang yang ahli dalam menyelesaikan masalah, tidak akan berhasil dengan baik tim itu dalam menyelasikan masalah tim jika mereka tidak bekerja sama dalam menyelesaikanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar