Kamis, 08 Desember 2011

Kuliah KI outdoor




KI Itu Senang



Hari Kamis, tanggal 24 saya dan teman – teman ada kuliah KI. seperti biasa, sebelum memulai ke acara inti, kaka fasil memberikan suatu permainan sebagia pemanasan (as breaking).Kali ini permianan yang diberikan oleh kakak fasil yaitu….. Tata cara permainan tersebut yaitu semua Mahasiswa bergabung dan membentuk sebuah  lingkaran dengan 2 lapis. kemudian kakak fasil memberikan kertas yang berbentuk lingkaran. lalu kertas tersebut dipindahkan dari Mahasiswa satu ke Mahasiswa lainya dalam satu lingkaran dengan iring – iringan music. apabila kertas sobek(putus) atau music berhenti.  Mahasiswa yang dapat kertas terakhirlah yang mendapatkan “hadiah”.
Dan alhasil, beberapa dari Mahasiswa mendapat hadiah dan maju diatas panggung. saat diatas panggung kakak fasil menyuruh mereka membuat kelomok – kelompok kecil . kemudian kakak fasil menyuruh mereka untuk melakukan dance atau lipsing bersama dengan lagu yang sudah ditentukan oleh kaka fasil. suasanan ramai sangat terlihat pada saat ini. beberapa Mahasiswa menampilkan dengan tampilan yang mengundang tawa dari Mahasiswa lain.  setalah itu pak holil menyampaikan tentang permainan inti. Permian yang pertama yaitu mengenai Refleksi diri. permianan ini  yaitu setiap Mahaiswa diberika kertas. kertas tersebut dibagi menjadi 4 bagian. yaitu bagian free areaBlind Area, Hidden Area, dan Unkwon Area.langkah awal yaitu mereka disuruh menuliskan tentang apa yang mereka tahu dari diri mereka sendiri yang orang lain juga tahu. setelah menuliskan itu, setiap kelompok membentuk lingkaran kecil. Setiap Mahasiswa disusruh menilai setiap Mahasiswa yang ada dikelompoknya dan menuliskan di kertas yang bersangkutan tepatnya di free Area dengan cara bergiliran. Setelah itu, setiap Mahasiswa disuruh menuliskan tentang pribadi temanya yang temanya tidak tahu di area blind Area dengan cara yang sama seperti sebeumnya, yaitu dibagikan secara melingkar.  setelah semuanya selesai, masing – masing Mahasiswa disuruh menuliskan tentang sifat yang dia miliki dan orang lain tidak tahu akan sifat itu di daerah hidden Area.  dan selanjutnya, Setiap Mahasiswa menuliskan tentang harapan – harapan kedepan yang didaat oleh Mahasiswa dan menuliskanya di dareah unkwon Area.
Setalah semuanya selesai, diambil 2 perwakilan dari Mahasiswa untuk membacakan hasil dari permianan tersebut. dan terpilihlah 2 Mahasiswa, yaitu Sondang dan Ogi. mereka masing – masing membacakan pribadi dirinya. canda tawa, muncul saat mereka membacakan   pribadi mereka. Yang paling membuat banya tawa yaitu pribadinya Sondang. Sondang yang dieknal tomboy, ternyata dikenal sebagai pribadi yang “mendem”.  Teman – teman Mahasiswa ketawa saat mendengar kata itu. mereka mneyangka kata”mendem” dalam bahasa jawa, itu mabuk – mabukan. Dan ternyata dugaan mereka salah. maksut dari mendem di sini yaitu memendam perasaan. Jadi Sondang itu oranya suka memendam perasaan. dia kalau punya masalah jarang menceritakan kepada orang lain. suasana riang dan gembira benar benar tercipta pada saat itu.
Setelah itu, ada permianan lagi yang menurut  kebanyakan mahasiswa menyenagkan. yaitu permianan kilas balik. permianan in yaitu permainan yang setiap  Mahasiswa disuruh untuk menulisakan perubahan – perubahan apa saja yang mereka alami mulai dari umur 5 tahun hingga 20 tahun. setelah itu, setiap kelompok saling memperagakan perubahan – perubahan yang dialaminya ke depan kelompok lain dengan memberikan clue.  dan kelompok satunya harus menebak kira – kira apa perubahan yang terjadi sesuai dengan pragaan tersebut. inilah sesi yang paing menyengkan dalam kegiatan hari ini. Mahasiswa memperagakanya  dengan sangat kucu sekali
Setelah permainan usai Pak Holil memberikan pembelajaran dari hasil permainan ini. dan menyuruh Mahasiswa untuk menulisakan tentang pembelajaran yang mereka dapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar