Kamis, 08 Desember 2011

Surabayaku Kotaku





Di pagi yang cerah tampak sinar mtahari yang memancarkan cahayanya, meninyinari ibu kota jawa timur, Surabaya. Itulah nama salah satu tempat yang saya tinggali sekarang. Dengan luas kurang lebih 326,36 km2 kota ini memnjadi salah satu kota impian banya orang.

Di pagi hari, di tempat – tempat tertentu di pinggirang jalan, para pedagang sayuran sudah mulai berjualan,menyetting tempat, meletakkan barang – barang jualan, seerta menyiapkan bebereapa lebar uang kembalian. Itulah yang dilakukan oleh mereka demi mencari secarik rupiah di kota metropolitan ini.

Kota metropolitan, ya itulah sebuatan yang umum dikatakan oleh orang –orang saat berbicara mengenai kota Surabaya ini. Mirip dengan kota Jakarta, kota surabya ini juga padat penduduknya, baik itu penduduk asli maupun poenduduk pendatang. Jika dibandingkan, presentase antara penduduk asli lebih banyaka daripada penduduk pendatang. penduduk yang banyak di Surabaya ternyata membuat lingkungan menjadi tidak sehat. Di pinggir kali, di pinggir – pinggir jalan, banyak ditemui sampah – sampah berserakan, mulai dari sampah organic, yang mudah diuraikan, hingga sampah organic yang sulit sekali diuraikan. Selain masalah penduduk dan lingkungan, kota Surabaya juga dikenal sebagai kota industry, banyak sekali industry industry besar yang didirikan di sini. Ada industry garmen, Industri Textil, Industri peratmbangan, dan lain – lain semua komplit ada di Surabaya. Banyaknya industry yang ada di kota Surabya ini tenryata membawa dapak positif bagi masyarakat sekitar, dampak positif itu salah satunya adalah tersedianya banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Mulai dari buruh, hingga manager tersedia di sini.
Bergeser ke sisi lain, yaitu sisi pendidikan, di Surabaya terdapat universitas – universitas terkenal. Antara lain, Universitas Airlangga(Unair) dan Institute Teknologi Sepuluh Nopember( ITS). Selain itu juga ada Universitas Negeri Surabya(Unesa) yang terletak di dareah Surabaya selatan. Setiap Universitas mempunyai jurusan favoritnya, Unair dengan kedokteranya, ITS dengan Tekniknya, dan Unesa dengan pendidikan gurunya. Setiap Tahun banyak Mahasiswa – Mahasiswa berdatangan di kota Surabaya ini untuk belajar.
Itu semunya terdapat di kota tercintaku, yaitu Surabayaku..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar