Kamis, 08 Desember 2011


LKMM


LKMM Pra-TD FTif



Pada hari Sabtu tanggal 26 November 2011. BEM FTif mengadakan acara LKMM pra-TD.  acara ini wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa baru FTif yaitu Teknik Informatika, dan Sistem Informasi. tempat pelaksanaan kegiatan ini yaitu di gedung Sistem informasi dan Teknik Informatika. LKMM pra-TD itu singkatan dari Latihan Keterampilan Menejemen Mahasiswa praTingkatan Dasar.  acara ini merupakan acara rutin yang digelar tiap tahun di ITS. Acara ini ditujukan untuk mengubah pola pikir Mahasiswa baru yang dulunya pola pikir SMA menjadi pola pikir seorang Mahasiswa.
Pada jam 6 pagi seluruh Mahasiswa Sistem Informasi berkumpul di Gedung  Sistem informasi. Mereka  berkumpul hanya sekedar ngorol – ngobrol mengenai persiapan mereka mengahadiri acara LKMM-pra TD ini. setelah itu kurang lebih pukul 7 pagi seluruh Mahasiswa Sistem Informasi berpencar sebagian di Gedung Sistem informasi, sebagian lagi di gedung Teknik Informatika. Namun karena gedung Teknik Informatika dipakai. kegiatan dilakukan terpusat di gedung Sistem informasi. Acara pertama LKMM praTD ini yaitu pembuakaan.Pembuakan ini diisi oleh bebrapa sambutan. sambutan pertama yaitu diberika oleh ketua panitia pelaksana. samabuatan kedua diberikan oleh perwakilan BEM FTIf dan sambutan yang ketiga yaitu debirikan oleh perwakilan dari dekan FTIf.
Setelah acara pembukaan, dilanjutkan lagi dengan briefing di setiap kelas dan didampingi oleh seorang wali kelas yang sudah ditentukan oleh panitia. Pada acara briefing ini setiap Mahasiswa dalam suatu kelas memperkenalkan diri mereka masing  - masing, sempat pula diadakan pemillihan ketua kelas. setelah itu masing – masing kelas,didampingi wali kelasnya menuju ke spot masing – masing yang sebelumnya diberitahukan oleh panitia. Saat itu, saya dan teman – teman kelas saya menuju spot 5. Di tempat ini, kami melakukan permainan memasukkan paku ke dalam botol secara bersamaan dengan mata tertutup. Kami yang beranggotakan 30 Mahasiswa dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama sebagai pelaksana, sedangkan bagian kedua sebagai instructor. Tugas Instruktor  yaitu sebagai pemberi instruksi kepada pelaksana. Sedangkan pelaksana yaitu Mahasiswa yang bertugas memasukkan Paku kedalam botol dengan mata tertutup. Kami bertanding dengan tim lain. Dan Alhamdulillah kami dapat memenagkan permainan ini. Kemudian saya, teman – teman dan walikelas saya menuju ke spot selanjutnya, di spot ini, saya dan teman – teman saya membentuk suatu kereta dan mata kami ditutup kecuali yang berada di 5 barisan belakang. Lima Mahasiswa tersebut berperan sebagai pemberi instruksi kepada Mahasiswa lainyan yang ada didepanya. Dalam permianan ini, kami berjalan layaknya sebuah kereta yang bergerak diatas seutas tali raffia yang diibaratkan sebagai relnya. Sedangkan lima Mhasiswa yang ada di belakang tadi berperan layaknya Masinis. Sayangnya kami tidak dapat memengakan permainan ini. Kami bertanfing dengan hasil imbang.
Setelah itu, kami menuju spot selnjutnya, di spot ini kami bermain estafet karet. Jadi kami menyalurkan karet lewat media tusuk gigi. Hasil dari Permainan ini sama seperti permaian sebelumnya, yaitu kami mendapatkan hasil imbang dengan lawan kami.
Menginjak permainan yang terakhir yaitu permainan teka teki. Pada permianan ini,  saya dan teman – teman saya, seluruh Mahasiswa baru 2011, diberikan sebuah clue. Dan clue – clue tersebut apabila terpecahkan akan membentuk suatu. Dan kamipun memcoba memecahkan clue – clue tersebut. Setalah kurang lebih satu jam kami mencari dan memikirkanya, akhirnya ketemu juga. Ternyata clue – clue tadi menunjuk pada sebuah kalimat. Kalimat itu adalah” Siapa Presiden BEM-FTIf”, Seteleh itu, seluruh Mahasiswa baru beserta panitia dikumpulkan menjadi satu. Kemudian salah satu panitia mengumumkan bahwa acara LKMM untuk hari ke-2 dan ke-3 dilaksanakan 2 minggu kemudian. Alsanyanya yaitu karena gedung FTIf dipakai kegiatan lain. Selama kurun waktu dua minggu itu, semua maba 2011 diberi tugas membuat sebuah yel- yel angakatan dan yel – yel perkelas, serta membuat sebuah bendera FTIf.  Setelah itu, tepat pukul 1.30 siang kami semua meniggalkan gedung system informasi ITS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar