Kamis, 22 Desember 2011

Hidup itu RODA





               Ya itulah statement yang  saya simpulkan setelah saya mengikuti permainan Burung dan Pohon di Mata kuliah interpersonal.  Burung dan Pohon , itulan nama permainan yang sangat menarik dan memberi banyak pelajaran bagi saya. Permainan ini adalah Setiap Mahasiswa ada yang berperan sebagai pohon dan ada yang berperan sebagai burung kemudian ada klu dari kakak fasil yang dapat membuat susunan pohon dan burung menjadi berubah

Dari permainan ini saya mendapat pelajaran bahwa setiap orang kadang - kadang kedudukanya bisa berubah -ubah dalam kehidupanya.  Jadi saya harus disyukuri setiap status atau segala apa yang kita dapat saat ini walaupun itu tidak saya inginkan. Selain Pembelajaran tentang kehidupan di permainan ini juga memebri pelajaran tentang makna kosentrasi atau focus.  Fokus dan cermat dalam mendengarkan instruksi merupakan hal yang sangat penting.




Membangun Tim


Membangun sebuah tim merupakan hal yang sulit dilakukan. Karena kita tahu bahwa setiap tim mempunyai anggota yang berbeda – beda. Jadi untuk membangun sebuah tim yang memiliki sebuah visi atau pandangan yang sama itu merupakan hal yang sangat sullit dilakukan. Salah satu cara atau permainan yang dapat membangun sebuah tim yang memilikki visi yang sama yaitu permainan YEL-YEL. Pemainan ini saya dapat dari mata kuliah KI yang saya ikuti di jurusan Sistem Informasi Institute Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Yel – Yel yaitu permianan  yang  Menyanyikan lagu cipta’an sendiri dari masing - masing kelompok secara bergantian. Permainan ini sangat seru sekali. Selain seru, saya juga dapat pembelajaran. Pembelajaran tersebut antara lain:


 Setiap pekerjaan tidak akan cepat selesai jika pekerjaan tersebut di selesaikan oleh satu orang. Pernyataan tersebut terbukti saat saya mengikuti permainan ini. Kalau misalnya tugas membuat yel – yel ini diberikan kepada saya dengan waktu yang sangat singkat. Sungguh, saya tidak sanggup dalam menyelesaikan itu. Namun jika saya bersama anggota kelompok saya mengerjakan ini  15 menit pun bisa terselesaikan.




Setelah saya mengikuti permainan ini saya sadar bahawa kekompakan Tim itu merupakan hal yang sangat penting. Sebuah tim walaupun anggotanya merupakan orang – orang yang ahli dalam menyelesaikan masalah, tidak akan berhasil dengan baik tim itu dalam menyelasikan masalah tim jika mereka tidak bekerja sama dalam menyelesaikanya.



Senin, 12 Desember 2011

PANTUN CINTA



 ini temen - teman buat yang mau nembak cewek terus kehabisan kata gombal atau yang ingin tambah mesrah ma pasangan bisa pake pantun cinta karya saya dan teman saya Aninda Yulianti.. :)

Pisau seraut dua tiga                                                   Awan putih gulung-gemulung
Letak dipati dalam perahu                                          Menutup bukit jauh disana
Dalam laut bolelah diduga                                          Akang bingung sambil termenung
Dalam hati siapa yang tahu                                         Menunggu surat dari Adinda

Duduk diam di pohon beringin                                   Angin berhembus amat sejuknya
Burung berkicau bersahut-sahutan                              Ketika hujan titik perlahan
Surat Adinda datang kemarin                                     Makan susah, tidur pun susah
Tidurku gelisah, makan tak karuan                             Wajah Adinda terus terbayang

Jalan terseok tersandung batu                                     Terdengar suara orkestra
Tersandung batu di tengah jalan                                 Beralun-alun teramat merdu
Senyummu diwajah seganteng itu                              Kulit Adinda sehalus sutra
Tak pernah pudar dalam kenangan                             Yang takkan habis termakan waktu

Rambut dipotong, perutnya gendut                            Dinda terbang ke negeri jauh
Telinga budeg, kaki ngangkang                                  Bunga setaman indah sekali
Aku suka keroncong, kamu dangdut                          Adinda sayang nikahlah denganku
Aku suka gudeg, kamu rendang                                 Akang kesepian setiap hari

Pohon beringin akan ditebang                                                Surat asmara dijilid rapi
Ketika ayam akan berkokok                                       Hujan turun sepanjang tahun
Aku mau kawin, aku cinta akang                                Kalaulah mau akang peristri
Syaratnya satu, berhentilah merokok                          Jadilah istri ramah dan santun


copyright @ faiz fanani dan aninda yulianti

Senam... apakah itu?????




1.Sejarah Senam
Senam yaitu salah satu kegiatan olahraga  yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang. yang biasanya diikuti dengan iringan music.Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpa memakai pakaian. Sedangkan Gymnasium adalah suatu tempat yang dipergunakan untuk mengadakan latihan senam. Pada zaman itu Gymnastik dilakukan dalam rangka upacara-upacara kepercayaan yaitu guna menyembah dewa Zeus.
Pada awal permulaaan abad ke-20, senam telah menjadi rencana pendidikan di sekolah-sekolah Amerika. Hal ini berkat usaha dari Dr.J.F.Williams, Dr.Dubly sorgen dan Thomas D.Wood.
Frederik Jahn adalah bapak Gymnastik, dia memkombinasikan latihan-latihan gimnastik dengan pertunjukan-pertunjukan patriotik. Dia juga menemukan beberapa perelatan senam, diantaranya adalah palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang, dan bak lompat.
Senam di Negara Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu namanya “Gymnastiek”, zaman jepang dinamakan “Taiso”. Pemakaian istilah “senam” sendiri kemungkinkan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.
2. Pengertian Senam
Senam adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya. Berlainan dengan cabang olahraga lain umumnya yang mengukur hasil aktivitasnya pada obyek tertentu, senam mengacu pada bentuk gerak yang dikerjakan dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari setiap bagian anggota tubuh dari komponen-komponen kemampuan motorik seperti : kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, agilitas dan ketepatan. Dengan koordinasi yang sesuai dan tata urutan gerak yang selaras akan terbentuk rangkaian gerak artistik yang menarik.
Untuk mengetahui pengertian senam, kita harus mengetahui cirri-ciri senam antara lain:
1.       Gerakan-gerakannya selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja
2.       Gerakan-gerakannya harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu (meningkatkan kelentukan, memperbaiki sikap dan gerak atau keindahan tubuh, menambah ketrampilan, meningkatkan keindahan gerak, meningkatkan kesehatan tubuh)
3.       Gerakannya harus selalu tesusun dan sistematis
Berdasarkan cirri-ciri diatas, batasan senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.
Pada tingkat sekolah atau yunior pertandingan dapat dibatasi pada nomor-nomor tertentu, biasanya senam lantai dan kuda-kuda lompat. Pertandingan tingkat Nasional dan Internasional bagi pria terdiri dari 6 (enam) nomor yakni : senam lantai, kuda-kuda lompat, kuda-kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, dan gelang-gelang. Sedang bagi wanita ada 4 (empat) nomor : senam lantai, kuda-kuda lompat, balok keseimbangan, dan palang bertingkat.
Penilaian diberikan oleh 4 (empat) orang wasit yang dipimpin oelh seorang wasit kepala. Setiap peserta pertandingan harus melakukan 2 (dua) macam rangkaian pada setiap nomor atau alat, satu rangkaian wajib (yang telah ditentukan terlebih dahulu) dan satu rangkaian pilihan atau bebas masing-masing. Nilai seseorang adalah rata-rata dari dua nilai tengah dengan membuang nilai tertinggi dan nilai terendah dari 4 (empat) orang wasit. Pesenam dengan nilai akumulasi tertinggi menjadi juara ke I dalam kategori serba bisa, tertinggi kedua menjadi juara ke II dan seterusnya.
Juara regu ditentukan dengan penjumlahan 5 (lima) nilai terbaik dari 6 (enam) anggota regu dan setiap alat. 6 (enam) peserta terbaik dari semua atlet turut dalam pertandingan final pada tiap-tiap atlet dan nilai akhir yaitu rata-rata dari rangkaian bebas/pilihan dan wajib terdahulu disatukan dengan nilai rangkaian bebas/pilihan dalam final. Nilai ini menentukan urutan pemenang tiap alat.
Para wasit memberikan nilai pada waktu bersamaan. Nilai maksimum adalah : 10,000. Hukuman-hukuman diberikan dengan pengurangan nilai pada pelaksanaan yang salah, penguasaan yang kurang baik, dibantu orang lain, jatuh dari alat atau melampaui batas waktu. Selain itu dinilai pula faktor kesulitan gerak dan penampilan estetikanya. Besar pengurangan nilai adalah persepuluhan. Peraturan penilaian direvisi setiap 2 (dua) tahun. Semua gerakan mempunyai faktor kesulitan yaitu : A, B dan yang tersukar adalah C. Rangkaian latihan biasaya terdiri atas sikap-sikap statis yang memerlukan tenaga yang besar disambung dengan gerakan-gerakan berirama y agn sesuai. Sementara sejumlah berntuk gerak memerlukan kekuatan yang lain memerlukan mobilitas atau keterampilan.
2.3 Macam-macam Senam
2.3.1 Senam Lantai
Senam lantai pada umumnya disebut floor exercise, tetapi ada juga yang menamakan tumbling. Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras, unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan, atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada saat meloncat ke depan atau belakang. Jenis senam ini juga disebut latihan bebas karena pada waktu melakukan gerakan pesenam tidak mempergunakan suatu peralatan khusus. Bila pesenam membawa alat berupa bola, pita, atau alat lain, itu hanyalah alat untuk meningkatkan fungsi gerakan kelentukan, pelemasan, kekuatan, ketrampilan, dan keseimbangan.
Senam lantai dilakukan di atas area seluas 12×12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam. Rangkaian gerakan senam harus dimulai dari komposisi gerakan ringan, sedang, berat, dan akrobatik, serta mengandung gerakan ketangkasan, keseimbangan, keluwesan, dll. Pesenam pria tanpil dalam waktu 70 detik dan wanita tampil diiringi music dalam waktu 90 detik. Gerkan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang-kurangnya 2 detik. Gerakan-gerakan salto harus dikerjakan setinggi bahu.
Macam-macam bentuk gerakan senam lantai antara lain:
1.       Guling ke depan
2.       Guling ke belakang
3.       Lompat harimau
4.       Keseimbangan kepala
5.       Keseimbangan tangan
6.       Handspring
7.       Back handspring
8.       Meroda
9.       Stut
10.   Round off
11.   Kep
12.   Neck kip
13.   Head kip
14.   Kayang
15.   Sikap lilin
16.   Sikap kayang
17.   Salto
18.   dll
2.3.2 Senam Artistik
Lahirnya senam artistik di Indonesia yaitu pada saat menjelang pesta olahraga Ganefo I di Jakarta pada tahun 1963, yang mana setiap artistik merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, untuk ini perlu dibentuk suatu organisasi yang berfungsi menyiapkan para pesenamnya. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia), atas prakarsa dari tokoh-tokoh olahraga se-Indonesia yang menangani dan mempunyai keahlian pada cabang olahraga senam. Promotornya dapat diketengahkan tokoh-tokoh dari daerah seperti : Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara. Wadah inilah kemudian telah membina dan menghasilkan atlet-atlet senam yang dapat ditampilkan dalam Ganefo I dan untuk pertama kalinya pula pesenam-pesenam Indonesia menghadapi pertandingan Internasional. Kegiatan selanjutnya adalah mengikut sertakan tim senam dalam rangka Konferensi Asia Afrika I dan dalam Ganefo Asia, dimana untuk mempersiapkan atlet-atlet Indonesia ini dipanggil pelatih-pelatih senam dari RRC, maka dengan demikian Indonesia mengalami kemajuan dalam prestasi olahraga senam. Tetapi sangat disayangkan bahwa harapan yang mulai tumbuh harus berhenti sementara oleh karena suasana politik yaitu saat meletusnya G 30 S/PKI, sehingga pelatih-pelatih dari RRC harus dikembalikan ke negaranya.
Usaha untuk mengejar ketinggalan ini maka pada tahun 1967 dikirim seorang pelatih Indonesia yaitu : Sdr. T. J. Purba ke Jerman Timur untuk sekolah khusus pelatih senam artistik selama 26 bulan. Kemudian sebagai titik tolak yang kedua adalah dimasukkannya cabang olahraga senam artistik yang pertama kalinya dalam Pekan Olahraga Nasional (PON VII/1969) di Surabaya, dan kemudian untuk seterusnya dimasukkan dalam setiap penyelenggaraan PON.
Peralatan Senam Artistik
Ukuran alat
1.       Untuk putra ada 6 alat
- floor exercise (lantai) : ukuran 12×12 m
- pommel horse (kuda-kuda pelana) ; panjang 1.60 m dan tinggi 1.10 m
- parallelbar (palang sejajar) : panjang 3.50 m, jarak 0.48 s/d 0.52 m, tinggi 1.75 m
- rings (gelang-gelang) : tinggi 2.55 m dan jarak 0.50 m
- horse vault (kuda-kuda lompat) ; panjang 1.60 m dan tinggi 1.35 m
- horizontal bar (palang tunggal) : panjang 2.40 m dan tinggi 2.55 m
2. Untuk putrid ada 4 alat
- horse vault (kuda-kuda lompat) : panjang 1.60 dan tinggi 1.20 m
- univen bars (palang bertingkat) : panjang 2.40 m, tinggi palang bawah 1.50 m, tinggi palang atas 2.30 m
- balance beam (balok keseimbangan) : panjang 5.00 m dan tinggi 1.20 m
- floor exercise (lantai) : ukuran 12×12 m
Peraturan Umum Senam Artistik
1.       Kejuaraan Beregu (kompetisi I)
1.       Setiap regu terdiri dari 6 pesenam putra/putri
2.       Terdiri dari rangkaian wajib dan rangkaian pilihan, pada putra 6 alat, putrid 4 alat
3.       Juara beregu (kompetisi I) adalah regu dengan jumlah nilai terbanyak dari jumlah 5 pesenam terbaik pada masing-masing alat untuk rangkaian wajib dan rangkaian pilihan.
Nilai maksimum untuk putra adalah: 12 nomor pertandingan x 50 = 600 (wajib dan pilihan), 60 nomor pertandingan x 50 = 300 (pilihan)
Nilai maksimum untuk putri adalah: 8 nomor pertandingan x 50 = 400 (wajib dan pilihan), 4 nomor pertandingan x 50 = 200 (pilihan)
1.       Kejuaraan perorangan serba bias (kompetisi II)
1.       Peserta finalis diambil dari 36 pesenam terbaik dari hasil kompetisi I, atau 1/3 dari jumlah peserta
2.       Dibatasi 3 pesenam dari tiap Negara/daerah
3.       Hanya melakukan rangkaian pilihan untuk putra 6 alat dan putrid 4 alat
4.       Juara perorangan serba bisa (kompetisi II) adalah pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari nilai rata-rata pada kompetisi I (wajib dan pilihan), ditambah dengan nilai kompetisi II pada seluruh alat
Nilai maksimum untuk putra = 120
Nilai maksimum untuk putri = 80
1.       Kejuaraan perorangan per alat (kompetisi III)
1.       Peserta finalis diambil dari 8 pesenam terbaik dari hasil kompetisi I pada alat tersebut
2.       Dibatasi 2 pesenam dari tiap Negara/daerah dan hanya 3 alat yang boleh diikuti oleh seorang pesenam
3.       Hanya melakukan rangkaian pilihan untuk putra 6 alat dan putrid 4 alat
4.       Juara perorangan per alat (kompetisi III) adalah pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari nilai rata-rata pada kompetisi I (wajib dan pilihan) ditambah dengan nilai kompetisi III pada masing-masing alat
Nilai maksimum putri =20
2.3.3 Senam Aerobik
Aerobik adalah suatu cara latihan untuk memperoleh oksigen sebanyak-banyaknya. Senam Aerobik adalah olahraga untuk peningkatan kesegaran jasmani bukan olahraga prestasi, akan tetapi olahraga preventif yang dapat dilakukan secara masal.
Pembagian senam Aerobik menurut cara melakukan dan musik pengiring, yaitu:
1.       High impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan keras)
2.       Low impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan ringan)
3.       Discorobic (kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik aliran keras dan ringan disko)
4.       Rockrobic (kombinasi gerakan-gerakan aerobik dan ringan serta gerakan-gerakan rock n’roll)
5.       Aerobic sport (kombinasi gerakan-gerakan keras dan ringan serta gerakan-gerakan kalestetik/kelentukan)
Tahap-tahap melakukan senam aerobik adalah sebagai berikut:
1.       Pemanasan selama 10 menit
2.       Latihan inti selama 15 – 20 menit
3.       Pendinginan/pelemasan selama 5 menit
sumber:
internet dan buku kesehatan jasmani kelas2 sma

membuat rumus perpangkatan sederhana menggunakan bule-j

1. untuk membut rumus perpangkatan sederhana kita dapat melakukannya dengan proses literasi di dalamm bahasa java. kali ini saya akan mengkoding dengan salah satu IDEnya java. yaitu blue-j. berikut ini adalah caranya.
1. buka program blue-j. jika belum mempunyai ini instal IDEnya. download secara gratis di www.bluej.org.
 kemudian buatlah class dengan nama pangkat.
kemudian klik 2 kali pada kelas itu lalu ketik kode di bawah ini.


/**
 * pembuatan method pangkat.
 *
 * @author (Mukhamad Faiz fanani)
 * @tugas dari pak raditiyo pw. dosen Sistem informasi ITS
 */
public class Pangkat
{


/**
 * pembuatan method pangkat
 * @var a adalah bilangan utama
 * @var b adalah nilai pangkat
 */

   public void Pangkat( int a, int b){
       double c=1;
       int i=0;
       if (b==i){
           System.out.println(c);
        }
        else if( b<0){
            int p=0;
         
            while(p>b){
                c=c*1/a;
                b++;
            }
            System.out.println(c);
        }
        else{
            int q=0;
            while(b>q){
                c*=a;
                q++;
            }
            System.out.println(c);
        }
    }
}
setelah itu lakukanlah compile pada program..

untuk menjalankannya lihatlah videonya di bawah ini.

Anak Kos



Anak Kos, itulah sebuatan yang dimiliki orang saat menyewa tempat tinggal orang lain. Di Surabaya banyak sekali tempat – tempat yang disewakan untuk orang. Salah satunya di daerah dekat kampus Institute Teknologi Sepuluh Nopember. Mulai dari rumah kecil hingga rumah besar disewakan, terutama untuk Mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Institute ini.
Tinggal di rumah orang lain atau kos memang mempunyai kesan duka maupun senang. Hal pertama yang dirasakan oleh mahasiswa terutama Mahasiswa baru yang negkos yaitu Masakah dengan Orang tua. Terkadang ada Mahasiswa yang tidak kerasan(nyaman) tinggal di tempat kos karena mereka masih tidak rela tinggal bersama orang lain atau jauh dari orang tua. Selain itu masalah lain yang dihadapi Mahasiswa yaitu dengan pemilik kosnya. Kadang kala ada pemilik kos yang awalnya baik, ramah. Lama kelamaan menjadi kebalikanya.  Sikap baik itu hanya ditunjukkan karena para pemilik kos – kosan ingin segera mendapatkan apa yang mereka inginkan. Yaitu mendapatkan orang yang mau menyewa tempatnya. Namun, saat orang sudah menyewa tempatnya, sikap baik yang ditunjukkanoun cenderung menurun dari waktu kewaktu. Hal inilah yang membuat Mahasiswa baru tidak betah tinggal di kos-kosan. Apalgai di tambah dengan beban kuliah yang juga berat. Karena kita tahu bawah kebanyakan mainset yang dibawah Mahasiswa baru adalah mainset SMA yang sangat tidak cocok diterapkan di perkuliaahan. Hal ini dapat membawa beban tersendiri bagi Mahasiswa itu. Namun perlu diketahui bahwa tida semua beban – beban atau masalah – masalah yang timbul membawa dampak negative bagi orang atau Mahasiswa itu sendiri, tapi juga membawa dampak positif. Dengan adanya masalah – masalah itu, orang dapat melatih dirinya untuk bisa menjadi lebih dewasa lagi dalam kehidupanya. Orang yang mempunyai banyak masalah jika diahapi dengan lapang dada dan yakin bisa terselesaikan, akan menambah keterampilan dan mengalaman lebih bagi orang tersebut. Untuk itu, bagi para Mahasiswa, terutama Mahasiswa baru, jaganlah takut dan teruslah berjuang menghadapi tantangan- tantangan yang ada di dalam hidup ini. SEMANGAT.

LKMM praTD





LKMM pra TD. Itulah salah satu kegiatan yang di selenggarakan oleh ITS untuk Mahasiswa baru yang ada di ITS. Apakah LKMM pra –TD itu. LKMM pra TD adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menigkatakan keterampilan menejemen Mahasiswa Baru. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini yaitu untuk mengubah Mainset SMA Menjadi Mainset Mahasiswa. Kita tahu bahwa jenjang SMA sangat berbedah jauh dengan jenjang kuliah. Pada jenjang ini Mahasiswa di tuntut tidak hanya belajar aja. Tapi juga berkontribusi langsung ke masyarakat, baik itu dalam bentuk mengikuti organisasi – organisasi ataupun kegiatan kegiatan social lainnya. Sekarang yang menjadi pertnyaan efektifkah kegiatan lKMM pra TD ini?..
LKMM praTD. Singkatan dari Latihan Keterampilan Menejemen Mahasiswa praTingkat Dasar.  Pelatihan ini sangat wajib bagi mahasiswa baru di ITS. Apabila Mahasiswa tidak mengikuti pelatihan ini, maka tahun depan akan mengulangnya lagi. Di acara LKMM praTD ini mahasiswa di beri materi – materi tentang bagimana memenejemen diri sendiri. Selain pemberian materi pihak pemandu juga member I simulasi – simulasi yang mengimplementasikan tentang materi – materi yang sudah di sampaikan. Mahasiswa dituntut aktif dalam menaggapi materi – materi yang disampaikan oleh pemandu. Terkadang apabila setelah pemandu selesai member materi tidak ada respon sama sekali dari Mahasiswa, pihak pemandu mennjuk ke salah satu Mahasiswa agar member tanggapan atas materi yang sudah di sampaikan. untuk Mahasiswa yang aktif akan di beri reward oleh panitia sebuah kertas yang bergambar wajah senyum. Nantinya di akhir acra akan di pilih siapa peserta (mahasiswa yang memiliki tanda senyum terbanyak).  Output dari acara inin dapat di lihat dari tahun – tahun sebelumnya. Banyak kakak- kakak kelas senior yang mengikuti LKMM praTD ini kini menjadi pemandu LKMM praTD selanjutnya. Mereka sangat ahli sekali dalam menyampaikan materi yang dipresentasikan. Mereka tampak tidak gugup sama sekali dalam menyampaikan. Kemudian di sisi akademik, mereka memiliki prestasi akedemik yang memuaskan. Kebanyakan dari mereka miliki IP( index prestasi lebih dari 3). Hal ini dapat mematahkan anggapan bahwa mengikuti – kegiatan – kegiatan di luar kegiatan akademik dapat menimbulkan kemunduran dalam prestasi belajar.  Dari contoh sedikit ini aja dapat kita simpulkan bahwa penyelenggaraan LKMM praTD ini dapat membuat Mahasiswa menjadi mahaiswa yang mampu memenejemen dirinya.  Mereka mampu menyeimbangkan antara kegaitan belajar dengan kegiatan – kegiatan yang lain.jadi kita sebagai mahaiswa jangan pernah takut untuk mengikuti kegiatan – kegiatan lain di samping kegiatan kuliah yang menunjang keterampilan softskill kita.